Kamis, 24 Januari 2019

Banjir di Musim Penghujan

BANJIR DI MUSIM PENGHUJAN


Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Banjir tersebut terjadi di pekauman Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan yang dikenal dengan kota seribu sungai. Jika musim penghujan terjadi mereka  sudah biasa menghadapi banjir seperti itu, terutama diwilayah Martapura. Hal itu disebabkan karena mereka tinggal disepanjang sungai Martapura.



Banjir di Martapura merupakan hal yang sering dirasakan oleh warga pekauman. melihat dari tingkah polah anak-anak terlihat sekali mereka senang bermain air, sehingga ketika banjir terjadi mereka tetap senang dan ceria. berbeda dengan orang tuanya yang bingung jika banjir terjadi di kampung mereka.
Akibat banjir yang melanda, jadi menghambat perjalanan kendaraan bermotor, seperti yang terlihat pada gambar. jika tidak hati-hati banjir dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan bermotor.
Dari gambar terlihat sekali para ibu-ibu masih pada bercengkrama tentang banjir yang melanda mereka. Mereka sebenarnya berharap sekali banjir tidak terjadi diwilayah mereka. Jika hujan turun selama 2-3 hari dapat menyebabkan banjir dikampung mereka. Meskipun sudah biasa terjadi banjir dikampung mereka, mereka tetap berharap air cepat surut dan bisa beraktivat kembali. 

Dampak terjadinya banjir yang paling utama adalah gatal-gatal kulit, hal ini disebabkan kondisi air yang kotor yang berasal dari sungai martapura yang meluap dan masuk keperkampungan mereka. Kondisi air yang kurang baik inilah yang mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh banjir.

Kota seribu sungai.

0 komentar:

Posting Komentar