Rabu, 30 Januari 2019

STRATEGI MANAJEMEN WAKTU

STRATEGI MANAJEMEN WAKTU ANAK SEKOLAH


Pentingnya memanajemen waktu agar lebih efektif dan efisien terutama bagi siswa sekolah. bagi siswa sekolah yang sekarang ini sudah melaksanakan full day harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik. yaitu mengatur waktu untuk belajar, bermain ataupun kegiatan positif yang lainnya.

Manajemen waktu adalah suatu kemampuan untuk mengalokasikan waktu dan sumber-sumber untuk mencapai tujuan (Dejanasz, 2002).

Ada beberapa strategi manajemen waktu. Seseorang dapat meluangkan waktu kira-kira 10 s.d. 15 menit untuk mengelola jadual kegiatan. 
1. Membiasakan diri untuk menyiapkan daftar. Daftar ini berisi segala sesuatu yang butuh untuk dilakukan dan memprioritaskan menurut tingkat kepentingannya. 
2. Merencanakan kegiatan tertentu dilakukan pada waktu yang tertentu pula. Hal ini diperlukan disiplin diri. 
3. Menemukan waktu bekerja yang optimal. Masing-masing orang memiliki waktu optimal untuk bekerja. Waktu yang dimiliki tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas secara maksimal. 
4. Memprioritaskan tugas-tugas berdasarkan tingkat kepentingannya seperti vital, penting, harus dilakukan hari ini atau dapat dilakukan besok. 
5. Pengorganisasian. Seseorang perlu memilih atau mengatur lingkungan dalam menyelesaikan tugas. Dalam hal ini, mungkin diperlukan suasana atau lingkungan yang dipersyaratkan, misalnya harus bebas dari material yang tidak diperlukan, mengurangi gangguan (telepon atau kehadiran orang lain) atau interferensi lingkungan (musik, kebisingan) 
6. Pendelegasian. Seseorang perlu menentukan tugas-tugas atau kegiatankegiatan yang memungkinkan untuk dapat dikerjakan oleh orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar